X-MULTIMEDIA-1: Merakit komputer 1

Tuesday 25 September 2012

Merakit komputer 1


Latihan 1

Bahan-bahan merakit komputer :
1. Motherboard :
a. Asus M4N68T-M V2
b. Asus M4A78LT-M Plus
c. MSI MS7309 NF725GTM-P31
d. Asus M4A88T-V EVO/USB3
e. MSI MS7599 870-G45
f. ATX
g. ITX  
                                                                  
2. VGA              : 
VGA Onboard: VGA yang tertanam didalam laptop, biasanya berupa chip(non-dedicated graphic) VGA kategori ini biasanya digunakan untuk lebih menghemat daya sehingga untuk pemrosesan aplikasi 3D dan Game kurang maksimal                  
VGA CARD: VGA yang memang berupa card (dedicated Graphic) VGA ini terdiri dari banyak jenis mulai dari yang entry level hingga kategori High End. Bila anda memilih kategori High End maka Otomatis semakin mahal tetapi menjanjikan kinerja grafis yang baik.

3. Memory (RAM) :
a. Memory  Jenis SDRAM 
b. Memory Jenis DDR-SDRAM atau lebih dikenal dengan DDR saja .
c. Memory jenis DDR2-SDRAM atau DDR2
d. dan memory jenis DDR3-SDRAM


4. Hardisk            : 
Hardisk adalah sebuah Hardware yang berfungsi sebagai Media Penyimpanan dimana semua data seperti musik, document, foto, video pada komputer kamu di simpan. Jenis, ukuran, "Interface/Conector" Hardisk pun bermacam-macam.
Jenis Hardisk berdasarkan Penggunaanya 
- Hardisk Internal: yang digunakan dan dipasang di dalam sebuah komputer  
- Hardisk External : yang mudah di bawa kemana-mana (Portable)  dan biasanya memiliki konektor USB (kec. Seagate GoFlex yg bisa di ganti antara USB, eSata, Firewire)

5. Power Supply :
Power Supply adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung kekomponen dalam casing yang membutuhkan tegangan, misalnya motherboard, hardisk, kipas, dll.

6. Casing :
Casing Komputer adalah kotak atau rumah komputer adalah tempat terletaknya Processor (CPU), Motherboard dan peranti2 yang lain. Pada casing ini juga digunakan sebagai tempat untuk melindungi motherboard, floppy drive, power supply , hard disk drive dan komponen-komponen yang lain.

7. processor :
 Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. 
-          Pada tahun 1993, dan Intel meluncurkan prosesor Pentium. Peningkatannya terhadap i80486: struktur PGA yang lebih besar (kecepatan yang lebih tinggi , dan pipelining, TANPA instruksi baru. Tidak ada yang spesial dari chip ini, hanya fakta bahwa standar VLB yang dibuat untuk i80486 tidak cocok (bukan tidak kompatibel) sehingga para pembuat chipset terpaksa melakukan rancang ulang untuk mendukung PCI. 
-          Pada tahun 1995, kemunculan Pentium Pro. Inovasi disatukannya cache memori ke dalam prosesor menuntut dibuatnya socket 8. Pin-pin prosesor ini terbagi 2 grup: 1 grup untuk cache memori, dan 1 grup lagi untuk prosesornya sendiri, yang tak lebih dari pin-pin Pentium yang diubah susunannya. Desain prosesor ini memungkinkan keefisienan yang lebih tinggi saat menangani instruksi 32-bit, namun jika ada instruksi 16-bit muncul dalam siklus instruksi 32-bit, maka prosesor akan melakukan pengosongan cache sehingga proses eksekusi berjalan lambat. Cuma ada 1 instruksi yang ditambahkan: CMOV (Conditional MOVe).
-          Pada tahun 1996, prosesor Pentium MMX. Sebenarnya tidak lebih dari sebuah Pentium dengan unit tambahan dan set instruksi tambahan, yaitu MMX. Intel sampai sekarang masih belum memberikan definisi yang jelas mengenai istilah MMX. 
-          Pada tahun 1997, Intel meluncurkan Pentium II, Pentium Pro dengan teknologi MMX yang memiliki 2 inovasi: cache memori tidak menjadi 1 dengan inti prosesor seperti Pentium Pro , namun berada di luar inti namun berfungsi dengan kecepatan processor. Inovasi inilah yang menyebabkan hilangnya kekurangan Pentium Pro (masalah pengosongan cache) Inovasi kedua, yaitu SEC (Single Edge Cartidge), Kenapa? Karena kita dapat memasang prosesor Pentium Pro di slot SEC dengan bantuan adapter khusus. 
-          Pada tanggal 6 Oktober 1998, Intel Corporation meliris prosessor rangkap versi tercepat Intel® Pentium® II Xeon™ dengan kecepatan 450 MHz, dirancang khusus untuk digunakan pada Prosessor-dual (two-way) Workstation dan servers. 
-          Pada tahun 1999, Intel mengeluarkan prosessor dengan tipe Intel® Pentium® III Processor. Processor Pentium III merupakan processor yang diberi tambahan 70 instruksi baru yang secara dramatis memperkaya kemampuan pencitraan tingkat tinggi, tiga dimensi, audio streaming, dan aplikasi-aplikasi video serta pengenalan suara. Disamping itu pada tahun yang sama Intel juga mengeluarkan prosesor tipe Intel® Pentium® III Xeon®. Processor Intel ini kembali merambah pasaran server dan workstation dengan mengeluarkan seri Xeon tetapi jenis Pentium III yang mempunyai 70 perintah SIMD. Keunggulan processor ini adalah ia dapat mempercepat pengolahan informasi dari sistem bus ke processor, yang juga mendongkrak performa secara signifikan.
-          Pada tahun 2000, Intel mengeluarkan prosessor dengan tipe Intel® Pentium® 4 Processor. Processor Pentium IV merupakan produk Intel yang kecepatan prosesnya mampu menembus kecepatan hingga 3,06 GHz. Pertama kali keluar processor ini berkecepatan 1.5 GHz dengan form factor pin 423, setelah itu intel merubah form factor processor Intel Pentium 4 menjadi pin 478 yang dimulai dari processor Intel Pentium 4 berkecepatan 1,3 GHz sampai yang terbaru yang saat ini mampu menembus kecepatannya hingga 3,4 GHz.
-          Pada tanggal 9 Agustus 2006, Intel Corporation meluncurkan prosesor Intel Core 2 Duo yang ditujukan bagi PC dan workstation desktop dan laptop consumer dan bisnis – prosesor dengan teknologi yang dapat menghasilkan kinerja lebih, konsumsi daya lebih kecil, serta keleluasaan pemakaian bagi para penggunanya. “Prosesor-prosesor Core 2 Duo adalah prosesor-prosesor terbaik di dunia,” kata Paul Otellini, Presiden dan CEO Intel. 
Core i7 M
Prosesor ini adalah Arrandale (2 inti prosesor) dengan performa terbaik. Teknologi 32 nm membuatnya bekerja dengan suhu relative rendah. Kecepatan tinggi, Hyper-threading, dan Turbo boost membuatnya memiliki performa tinggi. Apabila dipadu dengan VGA tambahan, notebook berbasis Core i7 M akan menjadi pilihan yang sangat baik bagi pencinta performa tinggi. Kemampuannya bahkan dapat bersaing dengan Core i7 QM. Tentu saja, dengan harga yang relatif lebih terjangkau.
AMD adalah singkatan dari (Advanced Micro Devices) yang merupakan salah satu jenis processor yang dipakai hingga saat ini. 
Pada sejarah perkembangannya memiliki 9 jenisnya yaitu dimulai dari :
1. AMD K5 
2. AMD K6 
3. AMD Duron
4. AMD Athlon 
5. AMD Athlon 64
6. AMD Athlon 64 FX
7. AMD Sempron
8. AMD 64 X2 Dual Core 
9. AMD Opteron

8. Sound card :
Sound Card adalah perangkat keras computer yang berfungsi untuk mengolah data berupa audio atau suara. Sound Card dibedakan menjadi dua jenis berdarsarkan fisiknya. 
Jenis Sound Card :
1)    Sound Card On Board
Merupakan fasilitas audio yang sudah terpasang pada motherboard berbentuk chipset dan kinerja sound card on board masih membutuhkan bantuan prosesor utama. Sound card on board dapat ditemui pada hamper semua jenis motherboard. Jika kita hanya membutuhkan sound card untuk musik, sound card tipe ini merupakan pilihan yang baik.                                   2)    Sound Card PCI
Merupakan sound card yang dipasangkan pada slot PCI motherboard. Sound card tipe ini memiliki keunggulan pada kualitas yang dihasilkan. Jika hanya digunakan untuk keperluan standard, seperti mendengarkan musik, sound card tipe ini terlalu mahal. Namun jika kita menggunakannya untuk bermain game berat atau untuk kegiatan rekam suara, sound card tipe ini merupakan pilihan yang tepat.

9. Floppy Disk :
floppy disk adalah media penyimpanan data yang terdiri dari disk tipis, fleksibel ("floppy") media penyimpanan magnetik terbungkus di shell plastik persegi atau persegi panjang. Floppy disk dibaca dan ditulis oleh disk drive floppy atau FDD, inisial yang tidak harus bingung dengan "disk drive tetap," yang merupakan istilah lain untuk (tipe nonremovable dari) hard disk drive. 

10. CD-ROM (DVD ROM) :
CD-ROM kepanjangan dari compact disk read only memori yang artinya bahhwa CD-ROM drive hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja. Secara gari besar CD-ROM dibedakan menjadi 2 menurut tipenya yaitu : ATA/IDE  dan SCSI. 
DVD berasal dari kata Digital Versatile Disc. Sesuai dengan namanya DVD merupakan sebuah media penyimpanan digital yang isinya sangat variatif.. Bentuknya sangat mirip dengan CD.Bedanya DVD dapat memainkan film, audio lebih baik dan dengan data lebih banyak dan proses yang lebih cepat dibandingkan CD. DVD juga mampu menyimpan data lain seperti Foto atau data informasi dari komputer. 

11. Mouse : 
Mouse adalah perangkat pengendali pergerakan kursor atau pointer pada layar monitor dengan menggerakkan/menggesernya pada permukaan datar.  
Dilihat dari sensornya, ada 3 macam mouse :
a. Mouse mekanik, yaitu mouse dengan sensor mekanik berupa bola karet/logam di sisi bawah mouse yang dapat berputar ke semua arah. Sensor mekanik tersebut mendeteksi arah putar bola dan menggerakkan pointer/kursor pada layar sesuai arah tersebut
b. Mouse optomekanik, sama dengan mouse mekanik tetapi menambahkan sensor optic untuk mendeteksi gerakan dari bola mouse. 
c. Mouse optik, menggunakan sinar laser atau sinar LED (Light Emitting Diode) untuk mendeteksi pergerakan mouse.
Berdasarkan konektor dari mouse, terdapat :
a. Mouse serial, yaitu mouse dengan konektor serial (RS 232C).
b. Mouse PS/2, mouse dengan konektor PS/2
c. Mouse USB (Universal Serial Bus), mouse dengan konektor USB.
d. Mouse Cordless, mouse tanpa kabel. Mouse ini tersambung ke komputer dengan gelombang radio atau infra merah. Mouse cordless lebih mahal dari pada mouse serial maupun mouse usb. 
12. Keyboard :
Keyboard adalah alat input yang berfungsi untuk mengetikan atau memasukan huruf, angka, symbol tertentu, dan memasukan perintah atau intruksi kedalam software atau system operasi yang dijalankan computer.
Jenis keyboard berdarsarkan kabel konektor yang digunakan :
Keyboard serial
Keyboard PS/2
Keyboard USB
Keyboard Wireless (tanpa kabel)

13. Speaker :
 pengertian speaker adalah perangkat elektronika yang terbuat dari logam dan memiliki membran, kumparan, serta magnet sebagai bagian yang saling melengkapi. Tanpa adanya membran, sebuah speaker tidak akan mengeluarkan bunyi, demikian juga sebaliknya. Fungsi tiap bagian pada speaker saling terkait satu sama lain.
Fungsi speaker secara keseluruhan adalah mengubah gelombang listrik dari perangkat penguat audio menjadi gelombang suara atau getaran

14. Printer    :
Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung kekomputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilanlainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. 

15. Scanner  :
Scanner merupakan periferal komputer yang berguna untuk memindai (men-scan) gambar atau dokumen dalam bentuk teks di atas kertas kedalam dokumen komputer atau file komputer.
Scanner terbagi dua yakni: Hand-held Scanner dan Plat Bed Scanner
16. Monitor  :
Perbedaan Monitor CRT Dan Monitor LCD. Monitor CRT adalah monitor yang menggunakan CRT (Catode Ray Tube) sebagai media untuk menampilkan gambar pada layarnya. Semua rangkaian dan komponen lain di sesuaikan dengan karakteristik CRT. Pada tiap-tiap komponen dari monitor CRT memiliki daya lebih besar, seperti penguat horizontal, FBT, power supply yang di gunakan juga menggunakan tegangan tinggi.
Tidak seperti pada monitor CRT, pada LCD monitor teknologi yang di gunakan untuk membuatnya sudah jauh lebih canggih. Screen layar untuk menampilkan gambar juga bukan lagi berupa tampilan analog, tapi menggunakan sistem digital dan teknologi LCD (Liquid Crystal Display). 
 Pengertian monitor LCD.Dari perbedaan teknologi yang di gunakan dan material yang di pakai, maka antara monitor CRT dengan monitor LCD memiliki kualitas hasil pengolahan gambar yang berbeda. Dengan kata lain, gambar yang di tampilkan pada layar akan tidak sama baik dari segi kecerahan gambar, ketajaman gambar, dan warnanya.Pada monitor CRT gambar cenderung lebih cerah dan memiliki kontras gambar yang tinggi. Pixel gambar juga terlihat kasar dan masih tidak mendukung tampilan wide screen. Sedangkan pad monitor LCD tampilan gambar lebih halus dan bersahabat dengan mata. Opsi pengaturan gambarnya juga serba otomatis, dan resiko menyebabkan mata lelah juga lebih rendah. 

17. Joy stick   :
Joystick atau dalam bahasa indonesia disebut tuas kontrol adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer.

18. Flash Disk   :
Flash disk/ flash memory atau dinamakan memori stik ada yang menyebutnya USB drive adalah teknologi penyimpanan sekunder. Flash memory merupakan media penyimpanan yang sangat praktis, karena selain bentuknya yang kecil dan ramping juga memiliki kapasitas penyimpanan yang lumayan besar, selain itu juga pemasangannya sangat mudah yaitu menggunakan port universal serial bus (USB

19. USB HUB    :
USB Hub adalah suatu alat khusus yang dapat digunakan untuk menambahkan jumlah port USB, yang biasanya hanya terdiri atas 2 port pada PC. Harga USB Hub relatif murah dan tidak memerlukan software atau driver apapun untuk menjalankannya. 

20.Printer Scanner :
Scanner multi function (all in one) yang merupakan seperangkat scanner yang di dalam sudah terdapat fungsi printercopy dan fax. Jadi fungsi scanner sudah lebih lengkap lagi, karena dengan memiliki sebuah scanner multi function kita sudah dapat memfoto copy suatu dokumen baik dalam model hitam putih dan berwarna (jika dokumen aslinya memang berwarna).


                              


0 comments:

Post a Comment